Cara Memperkuat Signal WIFI pada Win 7

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Untuk Windows 7

Selasa, April 17, 2012 by Andrei
Cara Memperkuat Sinyal Wifi Untuk Windows 7
Tentunya agan disini sebagian ada yang setia menggunakan sinyal wireless adapter (Wifi) sebagai sarana internet di notebook / HP / gadget lainnya. Kadang-kadang sinyal penuh tapi koneksi masih terasa tersendat-sendat. Meskipun secara 100% saya belum yakin apakah tips-tips di bawah ini bisa menembus konfigurasi router (sepertinya sih hampir tidak mungkin kecuali lewat telnet dan passwordnya ), namun setidaknya cara ini layak untuk dicoba.
  • Buka properties Wifi agan. Caranya, arahkan mouse di simbol wifi bagian kanan bawah (systray), kemudian klik Properties. Jikalau agan memakai Windows 7, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian klik Change Adapter Settings di bagian kiri. Kemudian, klik kanan di bagian wireless adapter agan dan buka Properties. Akan tampil jendela di bawah ini
  • Selanjutnya, tekan tombol Configure di bawah nama wireless adapter agan
  • Pilih tab Advanced, sebagaimana gambar di bawah ini
  • Beberapa konfigurasi yang mesti diubah:
* Roaming Agressiveness: meningkatkan seberapa besar “roaming” wireless untuk menjaga kualitas koneksi komputer ke AP (Access Point). Semakin besar (agresif) nilai roaming, laptop agan akan semakin agresif mencari AP dengan sinyal terkuat. Ya, di sini agan akan sedikit repot, jikalau tiba-tiba AP yang sedang agan gunakan tiba-tiba memancarkan sinyal lemah. Adapter agan akan “loncat” ke AP lain, mencari sinyal yang lebih kuat. Untuk menanggulangi hal ini, ubah parameter ini menjadi LOWEST.
* Throughput Enhancement: ubah nilainya menjadi ENABLED (defaultnya sih DISABLED). Jika opsi ini agan aktifkan, adapter agan akan menggunakan mode packet burst yang bernama WMM (Wi-fi Multimedia Mode), yang amat sangat cocok jika agan mendownload paket-paket multimedia (audio dan video). Apa artinya? Artinya, jika agan terkoneksi dengan sebuah AP, sementara ada teman lain yang juga sedang terkoneksi di AP yang sama, komputer agan akan “memakan” semua bandwidth yang ada. That’s OK. (Gunakan dengan bijak, ya  )
* Transmission Power: ubah nilai-nya menjadi HIGHEST. Well, sesuai kondisi saya, tidak terlalu banyak yang menggunakan peralatan wireless di sekitar saya. Untuk kondisi “padat peralatan” dan lalu lintas penuh, pastikan agan mengurangi nilai transmission power untuk mencegah interferensi dengan peralatan lain dan menjaga kualitas koneksi.
4. Buka Tab Power Management, akan muncul jendela seperti di bawah ini. Nonaktifkan pilihan Allow the computer to turn off this device to save power. Jika pilihan ini aktif dan agan menggunakan baterai sebagai sumber daya untuk laptop agan, bisa saja koneksi turun karena komputer mengurangi suplai power yang digunakan oleh adapter wireless Sampeyan. Tapi karena saya menggunakan Power Supply AC dan jarang sekali menggunakan baterai, opsi ini mesti saya nonaktifkan.
Nah, silahkan mencoba dan Jika Sampeyan masih penasaran, Sampeyan bisa membaca sendiri manual-nya di sini :
(Sumber : kaskus.us)
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s